June 21, 2024

Apa Itu Gaple dan Sejarahnya Jadi Permainan Populer Kartu Domino

4 min read

Gaple adalah permainan yang dimainkan oleh empat pemain dengan set 28 kartu. Masing-masing pemain mendapatkan tujuh kartu, dengan skor mulai dari 0-0 hingga 6-6.

 

Apabila Anda memiliki banyak kartu ganda, juga disebut “balak”, Anda akan dianggap tidak beruntung. Kartu ganda, juga dikenal sebagai “balak”, memang menjadi kartu yang paling sulit dikeluarkan, kecuali Anda mendapatkan “kartu baik”, seperti mendapatkan lima angka yang sama.

 

Di Indonesia, ada istilah untuk mengatakan bahwa seseorang mendapatkan masalah yang sangat besar dengan kata “balak 12” karena balak yang paling besar nilainya adalah 6 (6-6) dan balak yang paling kecil nilainya adalah 0 (0+0).

Selain balak 12, balak lain yang membawa malapetaka adalah “balak 10” (5-5), juga dikenal sebagai balak 5. Oleh karena itu, mendapatkan balak 10 dan 12 pada saat yang sama akan sangat mengerikan.

 

Sekarang, simak panduan tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika bermain gaple.

Lihat kartu Anda.

Lihat kartu Anda sebanyak tujuh kartu pertama. Kondisi kartu yang dianggap “jelek” adalah ketika kartu Anda memiliki lebih dari empat kartu balak atau kartu ganda. Dalam situasi seperti itu, Anda hampir pasti akan bergantung pada kartu orang lain untuk menang. Bahkan, Anda hampir tidak mungkin menang.

 

Misalnya, jika Anda mendapatkan lebih dari empat balak, atau jika Anda hanya mendapatkan empat balak, itu berarti Anda akan menghadapi banyak tantangan selama permainan, dan kemungkinan Anda menang sangat kecil.

 

Menurut Anda, kartu ini sangat bagus.

 

Kondisi kartu “bagus” berarti Anda mendapatkan lebih dari empat kartu dengan angka yang sama. Misalnya, jika Anda memiliki kartu 3, Anda memiliki 1-3, 2-3, 4-3, 5-3, dan balak 3. Ini cukup untuk Anda mendominasi permainan.

 

Ada kartu “bagus dan beruntung” selain kartu bagus. Misalnya, Anda memiliki empat kartu 3, misalnya 1-3, 2-3, 4-3, 5-3, tetapi Anda tidak memiliki giliran pertama. Jika orang yang memiliki giliran pertama memasang balak 3 atau kartu 3 lainnya, itu akan sangat membantu Anda untuk mendominasi permainan dari awal.

 

cara memainkan “kartu bagus yang beruntung” dan “kartu bagus”

Pertama, mari kita anggap Anda memiliki kartu bagus alias memiliki empat atau lima kartu yang sama, misalnya kartu 3. Setelah Anda mendapatkan giliran pertama, yang perlu Anda lakukan adalah memasang balak tiga atau kartu tiga lainnya. Anda juga bisa memilih kartu yang akan mendukung kartu lainnya.

 

Misalnya, jika Anda memasang kartu balak 3, pemain lain dapat memasang kartu tambahan. Kita anggap Anda memiliki lima kartu di bawah ini:

1-3 , 2-3, 3-3, 4-3 dan 5-3. Sedangkan dua kartu lainnya anggap saja 6-4 dan 0-2. Maka ketika Anda mengeluarkan balak 3 pertama kali, lawan Anda akan meletakkan kartu 0-3 atau 6-3. Bisa jadi pemain pertama setelah Anda akan “pass” alias lewat karena tidak ada kartu yang bisa dimainkan.

Kemudian Anda akan melihat situasi di mana Anda memiliki kartu 6 dan 0 untuk dimainkan. Dalam skenario kedua, jika ada kartu lain dan ujung lainnya adalah 3, Anda harus tetap memunculkan kartu tiga untuk dimainkan di atas meja. Dalam situasi lain, lawan yang “pergi” mungkin memiliki lebih banyak kartu daripada Anda.

 

Dengan kata lain, mainkan kartu lain terlebih dahulu dan jangan tutup kartu tiga karena itu adalah “dominasi” Anda. Selama situasi ini tetap ada, Anda memiliki dua peluang untuk menang.

Kemungkinan pertama adalah mengadu kartu. Ini adalah ketika dua tim menunjukkan kartu yang sama, tetapi kartu yang dimaksud sudah habis atau tidak ada lagi. Dalam situasi ini, pemilik kartu paling kecil akan menang.

 

Dalam kasus di atas, Anda harus memastikan bahwa kartu yang tertinggal hanya 0-2 karena Anda hanya kalah dengan dua kartu, yaitu 0-0 dan 0-1.

 

Ini adalah situasi terburuk ketika Anda tidak dapat menghabiskan seluruh kartu Anda. Situasi terbaik ketika Anda dapat memenangkan pertandingan dengan memiliki seluruh kartu di tangan Anda.

 

Selain situasi yang disebutkan sebagai “bagus dan beruntung”, Anda pasti akan menghadapi situasi lain yang cukup sulit. Baca nasihat ini jika Anda ingin menang atau setidaknya tidak kalah besar.

Pastikan untuk menghilangkan semua balak terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki banyak balak, Anda harus memikirkan bagaimana cara agar semua balak yang Anda miliki bisa dibuang. Misalnya, jika Anda ingin kartu balak 6 keluar, tetapi kartu 6 yang belum keluar adalah 6-3, maka Anda harus “memancing” dengan memberi kartu 3.

 

Tempatkan kartu yang besar terlebih dahulu.

Untuk menjaga kondisi Anda tetap aman ketika Anda masuk ke dalam kondisi “adu”, pastikan Anda tetap menyimpan buah kecil. Untuk alasan ini, Anda mungkin memenangkan kondisi “adu” dengan membuang kartu yang besar setelah balak.

Menghitung dan mempelajari kartu lawan

Bermain gaple, seperti bermain catur atau bermain kartu, mengharuskan Anda mempertimbangkan setiap kartu secara menyeluruh, hingga dua atau tiga langkah ke depan.

 

Misalnya, jika Anda tidak memiliki kartu 5, jangan memaksakan kedua pihak memiliki angka 5 yang sama. Sebaliknya, hal itu akan menguntungkan pemilik kartu 5 yang sebenarnya. Situasi di meja dan kartu yang Anda miliki pasti akan memengaruhi pilihan Anda.

Dengan kata lain, ada banyak faktor yang memengaruhi pilihan kartu yang diberikan saat bermain gaple.

 

Penutup

 

Tidak ada cara yang pasti untuk memenangkan gaple karena semuanya bergantung pada tujuh kartu yang Anda terima di awal permainan.

 

Jika Anda mendapatkan kartu yang bagus—terutama jika Anda mendapatkan “kartu bagus dan beruntung”—anda harus memenangkan pertandingan.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.